Ekspansi Sour Sally Bukti Sukses Gastrodiplomasi, Menekraf Yakini Kuliner Indonesia Bisa Mengglobal

 

Cnwbanten.id – Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, menjadi pembicara sekaligus penandatanganan kerja sama antara Sour Sally Group dengan mitra Filipina, dalam acara “Indonesia Go Global”, di IDN HQ, Jakarta, pada Rabu, 12 Maret 2025.

 

Menekraf Riefky merasa bangga melihat keberhasilan Sour Sally merambah pasar internasional dengan penandatanganan perjanjian waralaba utama di Filipina. Sour Sally telah berhasil mengembangkan bisnis kuliner Indonesia di pasar global. Sebelumnya, Sour Sally juga telah membuka waralaba senilai 1 juta dolar AS di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, dengan membuka total 30 outlet di kedua negara tersebut. Salah satu kunci keberhasilan menembus pasar kedua negara di Timur Tengah tersebut adalah melalui sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

 

Menekraf Riefky mengatakan ekspansi ini contoh nyata dari gastrodiplomasi yang sukses, di mana kuliner digunakan sebagai alat diplomasi untuk memperkuat hubungan antarnegara. Menekraf Riefky meyakini gastrodiplomasi menjadi kunci untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan negara lain, serta mempromosikan kuliner Indonesia di kancah internasional.

 

“Kemenekraf bangga melihat keberhasilan Sour Sally dalam memperluas jaringan kuliner Indonesia ke pasar global melalui gastrodiplomasi yang sukses,” ujar Menekraf Riefky.

 

Menekraf Riefky juga meyakini para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia mampu bersaing dan berprestasi di kancah internasional. Dengan strategi yang tepat dan dukungan dari pemerintah, target pertumbuhan ekonomi 8 persen bisa tercapai.

 

“Kami yakin pelaku ekonomi kreatif Indonesia mampu bersaing di kancah global dengan strategi yang tepat dan dukungan pemerintah, serta mencapai target 8 persen pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Menekraf Riefky.

 

Menekraf Riefky juga mengharapkan keberhasilan Sour Sally dapat memacu semangat dan menginspirasi para pelaku usaha kuliner lokal untuk memiliki visi global, serta dapat menjadi tolak ukur bagi penggiat ekonomi kreatif kuliner Indonesia.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari; Direktur Utama PT. Merek Lokal Mendunia, William Lee dan Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Zulfiani Lubis. Dalam acara ini, Menekraf/Kabekraf Teuku Riefky Harsya didampingi Deputi Bidang Kreativitas Budaya dan Desain, Yuke Sri Rahayu.

Bagikan

TERKAIT